- Back to Home »
- KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
Posted by : Unknown
Wednesday, 22 February 2017
KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
BERKARYA DAN MENGHASILKAN UANG DENGAN BERBEKAL APLIKASI PENGOLAH GRAFIS
Disusun Oleh:
Nama : Habibi Alhudha
N.I.M : 16.12.9317
Kelas : 16-S1SI-06
UNIVERSITAS AMIKOM
YOGYAKARTA
2017
Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Allah SWT
yang telah memberikan Rahmat dan Karunia -Nya sehingga penyusunan karya tulis
ilmiah yang berjudul ”BERKARYA DAN MENGHASILKAN UANG DENGAN BERBEKAL APLIKASI
PENGOLAH GRAFIS” dapat selesai tepat pada waktunya.
Dalam Karya Ilmiah ini penulis
membahas tentang sebuah peluang yang menggabungkan kreatifitas, seni dan juga
teknologi untuk membuat suatu keuntungan bagi kita yaitu dengan menggunakan
Aplikasi Pengolah Grafis.
Penulis juga mengucapkan
terimakasih kepada dosen pembimbing dan pihak-pihak yang telah membantu dalam
menyelesaikan makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi
para pembaca. Karya Ilmiah ini masih terdapat banyak kekurangan,
Olehkarena itu penulis mengucapkan maaf apabila ada kekurangan.
Terima Kasih.
Penulis
Habibi Alhudha
BAB I
PENDAHULUAN
A. Abstrak
Dijaman saat ini
yang modern dan serba teknlogi berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan uang.
Namun jika mencari pekerjaan di dunia nyata itu sulit, sekarang sedang
marak-maraknya mencari uang melalui dunia maya atau internet dengan bisnis
online. Tapi tahukah anda bahwa ada satu lagi peluang bisnis kyang sebenarnya sangat berpeluang untuk
menghasilkan keuntungan ?.
Design Grafis
contohnya, saat ini design grafis sangat dibutuhkan dalam masyarakat, dan ini
dapat menjadi peluang yang sangat menguntungkan. Aplikasi Design Grafis adalah
aplikasi yang menggabungkan unsur seni, kreativitas dan teknologi untuk membuat
sebuah seni grafis yang berbeda. Design Grafis ini banyak digunakan untuk
mencurahkan kreatifitas dan ide pikiran kita ataupun mengedit foto yang kita
inginkan menjadi lebih menarik dan kreatif.
Lalu bagaimana
caranya untuk menghasilkan untung ? Disini untung kita dapat perhitungkan dari
ide dan sisi kreatifitas kita. Di bagian pembahasan nanti kita akan membahas
desain seperti apa yang dapat membuat keuntungan untukmu tanpa harus
mengeluarkan uang banyak dalam memulai bisnis ini. Cukup berbekal ide,
kreatifitas, ketekunan, keahlian, lapto/ komputer/ tab, handphone, dan konesi
internet maka anda dapat menjadi seorang seniman yang menguntungkan bagi orang
lain dan diri anda sendiri.
B. Tujuan
dan Manfaat Penulisan
Adapun Tujuan
Penulisan ini adalah sebagai berikut :
1.
Untuk memberikan gambaran bagi para pembaca
khususnya mahasiswa yang ingin berkarya seni dan hobi dalam desain grafis bahwa
ada peluang bisnis di bidang ini.
2.
Meberikan motivasi serta menyalurkan bakat dan
keahlian.
3.
Mengenalkan aplikasi pengolah grafis.
C. Metode
Penulisan
Dalam menulisa
karya ilmiah ini penulis memberikan tulisannya dan memperoleh data-data adalah
menggunakan beberapa metode sebagi berikut :
1.
Studi Online : Penulis memperoleh data-data dari
online atau dari internet yang mana membuat beragam data yang berkaitan dengan judul karya tulis ilmiah
tersebut.
2.
Studi Praktek : Penulis mempraktekan dan juga
menggunakan aplikasi yang dijelaskan dalam karya ilmiah ini.
BAB II
PEMBAHASAN
Ada lebih dari satu aplikasi pengolah grafis yang ada di
dunia. Contohnya : Adobe Photoshop, Corel Draw, Paint tool SAI, dll. Namun dalam
pembahasan karya ilmiah ini penulis memilih salah satu dari aplikasi diatas
yaitu Adobe Photoshop.
Adobe Photoshop adalah salah
satu aplikasi perangkat lunak editor gambar buatan Adobe Systems yang
dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek, atau biasa disebut
layer style. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan
perusahaan iklan, Photoshop Selain memiliki fitur yang mudah untuk di pahami,
photoshop juga memiliki beberapa unggulan fitur yang mampu bekerja maximal,
hingga mensuport beberapa file, sehingga bagi kamu seorang desain grafis, ini
merupakan salah satu syarat jika kamu pengen masuk ke dunia desain grafis,
photoshop dengan segala fasilitasnya.
Photoshop mengkhususkan dirinya sebagai perangkat lunak untuk mengedit gambar dalam format BITMAP (Lihat tulisan mengenai BITMAP VS VECTOR). Oleh karena itu Photoshop seringkali digunakan oleh para fotografer karena foto adalah salah satu gambar dengan format BITMAP. Saat ini Photoshop merupakan perangkat lunak terbaik di kelasnya. ‘Hampir’ tidak ada tandingannya.
Photoshop mengkhususkan dirinya sebagai perangkat lunak untuk mengedit gambar dalam format BITMAP (Lihat tulisan mengenai BITMAP VS VECTOR). Oleh karena itu Photoshop seringkali digunakan oleh para fotografer karena foto adalah salah satu gambar dengan format BITMAP. Saat ini Photoshop merupakan perangkat lunak terbaik di kelasnya. ‘Hampir’ tidak ada tandingannya.
Lalu bagaimana dengan peluang
bisnisnya ? Sangat gampang. Munculkan Ide kreatifmu dalam mengolah gambar,
Kreasikan lalu buatlah hasilnya semenarik mungkin, anda bisa menggabungkan
beberapa foto menjadi satu yang biasa disebut Manipulasi Foto. Langkah
berikutnya adalah meng-upload karya kalian pada web, sosial media, ataupun blog
kalian. Atau jika ingin lebih ter-publish dengan cepat, uploadlah ke Deviantart.com
/ 99Design.com / Sribu.com.
Banyak perusahaan besar yang
membutuhkan jasa desain grafis untuk mendesain logo, label, poster, dll.
Tergantung pada kebutuhan perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat kita simpulkan
bahwa dengan kreatifitas dan teknologi-pun mampu membuat suatu lapangan
pekerjaan baru yang dapat membuat kita mendulang kesuksesan tanpa harus banyak
bermodal. Dengan mengembangkan bakat yang kita miliki kita dapat menjadi
panutan dalam hal mensukseskan diri bagi sekitar kita.
B.
Referensi