Posted by : Unknown Wednesday, 22 February 2017

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
BERKARYA DAN MENGHASILKAN UANG DENGAN BERBEKAL APLIKASI PENGOLAH GRAFIS



 Universitas Amikom Yogyakarta


Disusun Oleh:
Nama    : Habibi Alhudha
N.I.M    : 16.12.9317
Kelas     : 16-S1SI-06





­­­­
UNIVERSITAS AMIKOM
YOGYAKARTA
2017




Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan Karunia -Nya sehingga penyusunan karya tulis ilmiah yang berjudul ”BERKARYA DAN MENGHASILKAN UANG DENGAN BERBEKAL APLIKASI PENGOLAH GRAFIS” dapat selesai tepat pada waktunya.
Dalam Karya Ilmiah ini penulis membahas tentang sebuah peluang yang menggabungkan kreatifitas, seni dan juga teknologi untuk membuat suatu keuntungan bagi kita yaitu dengan menggunakan Aplikasi Pengolah Grafis.
Penulis juga mengucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing dan pihak-pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Karya Ilmiah ini masih terdapat banyak kekurangan, Olehkarena itu penulis mengucapkan maaf apabila ada kekurangan.
Terima Kasih.



Penulis

Habibi Alhudha





BAB I
PENDAHULUAN

A.      Abstrak
Dijaman saat ini yang modern dan serba teknlogi berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan uang. Namun jika mencari pekerjaan di dunia nyata itu sulit, sekarang sedang marak-maraknya mencari uang melalui dunia maya atau internet dengan bisnis online. Tapi tahukah anda bahwa ada satu lagi peluang bisnis  kyang sebenarnya sangat berpeluang untuk menghasilkan keuntungan ?.

Design Grafis contohnya, saat ini design grafis sangat dibutuhkan dalam masyarakat, dan ini dapat menjadi peluang yang sangat menguntungkan. Aplikasi Design Grafis adalah aplikasi yang menggabungkan unsur seni, kreativitas dan teknologi untuk membuat sebuah seni grafis yang berbeda. Design Grafis ini banyak digunakan untuk mencurahkan kreatifitas dan ide pikiran kita ataupun mengedit foto yang kita inginkan menjadi lebih menarik dan kreatif.

Lalu bagaimana caranya untuk menghasilkan untung ? Disini untung kita dapat perhitungkan dari ide dan sisi kreatifitas kita. Di bagian pembahasan nanti kita akan membahas desain seperti apa yang dapat membuat keuntungan untukmu tanpa harus mengeluarkan uang banyak dalam memulai bisnis ini. Cukup berbekal ide, kreatifitas, ketekunan, keahlian, lapto/ komputer/ tab, handphone, dan konesi internet maka anda dapat menjadi seorang seniman yang menguntungkan bagi orang lain dan diri anda sendiri.

B.      Tujuan dan Manfaat Penulisan

Adapun Tujuan Penulisan ini adalah sebagai berikut :

1.       Untuk memberikan gambaran bagi para pembaca khususnya mahasiswa yang ingin berkarya seni dan hobi dalam desain grafis bahwa ada peluang bisnis di bidang ini.
2.       Meberikan motivasi serta menyalurkan bakat dan keahlian.
3.       Mengenalkan aplikasi pengolah grafis.

C.      Metode Penulisan

Dalam menulisa karya ilmiah ini penulis memberikan tulisannya dan memperoleh data-data adalah menggunakan beberapa metode sebagi berikut :

1.       Studi Online : Penulis memperoleh data-data dari online atau dari internet yang mana membuat beragam data yang  berkaitan dengan judul karya tulis ilmiah tersebut.
2.       Studi Praktek : Penulis mempraktekan dan juga menggunakan aplikasi yang dijelaskan dalam karya ilmiah ini.





BAB II
PEMBAHASAN


Ada lebih dari satu aplikasi pengolah grafis yang ada di dunia. Contohnya : Adobe Photoshop, Corel Draw, Paint tool SAI, dll. Namun dalam pembahasan karya ilmiah ini penulis memilih salah satu dari aplikasi diatas yaitu Adobe Photoshop.
Adobe Photoshop adalah salah satu aplikasi perangkat lunak editor gambar buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek, atau biasa disebut layer style. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan, Photoshop Selain memiliki fitur yang mudah untuk di pahami, photoshop juga memiliki beberapa unggulan fitur yang mampu bekerja maximal, hingga mensuport beberapa file, sehingga bagi kamu seorang desain grafis, ini merupakan salah satu syarat jika kamu pengen masuk ke dunia desain grafis, photoshop dengan segala fasilitasnya.     

Photoshop mengkhususkan dirinya sebagai perangkat lunak untuk mengedit gambar dalam format BITMAP (Lihat tulisan mengenai  BITMAP VS VECTOR). Oleh karena itu Photoshop seringkali digunakan oleh para fotografer karena foto adalah salah satu gambar dengan format BITMAP. Saat ini Photoshop merupakan perangkat lunak terbaik di kelasnya. ‘Hampir’ tidak ada tandingannya.
Lalu bagaimana dengan peluang bisnisnya ? Sangat gampang. Munculkan Ide kreatifmu dalam mengolah gambar, Kreasikan lalu buatlah hasilnya semenarik mungkin, anda bisa menggabungkan beberapa foto menjadi satu yang biasa disebut Manipulasi Foto. Langkah berikutnya adalah meng-upload karya kalian pada web, sosial media, ataupun blog kalian. Atau jika ingin lebih ter-publish dengan cepat, uploadlah ke Deviantart.com / 99Design.com / Sribu.com.
Banyak perusahaan besar yang membutuhkan jasa desain grafis untuk mendesain logo, label, poster, dll. Tergantung pada kebutuhan perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis.




BAB III
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat kita simpulkan bahwa dengan kreatifitas dan teknologi-pun mampu membuat suatu lapangan pekerjaan baru yang dapat membuat kita mendulang kesuksesan tanpa harus banyak bermodal. Dengan mengembangkan bakat yang kita miliki kita dapat menjadi panutan dalam hal mensukseskan diri bagi sekitar kita.

B.      Referensi




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Flash Labels by Way2Blogging

- Copyright © NARRATIVE STORY OF INDONESIA -indonesianarrative.blogspot.com- Powered by Blogger - Designed by Ahmad Nur Azis (12.12.6564) -